Monday, February 1, 2021

Wisata Bukit Ollon Toraja 2021

0

Wisata Bukit Ollon Toraja 2021 - Berada di dataran tinggi, sekitar 300 meter sampai 2.500 meter di atas permukaan laut, objek wisata utama Tana Toraja dapat dibagi menjadi empat kategori, yakni wisata alam, wisata sejarah, wisata seni dan budaya, serta wisata agro. Menjadi salah satu andalan Sulawesi Selatan, jumlah kedatangan turis ke tempat ini pun relatif meningkat, dari semula 12.631 kunjungan pada 2010, naik tajam menjadi 60.069 kunjungan pada tahun 2014. Secara administrasi, Ollon terletak di Kecamatan Bonggakaradeng yang memiliki kontur wilayah berliku-liku. Banyak bukit dan juga padang rumput yang awalnya biasa, tapi setelah terkena bidikan dari para traveler mendadak jadi tenar. Bahkan, warga setempat tidak menyangka bisa jadi seperti ini. Untuk saat ini, fasilitas yang ada di sana masih sangat terbatas, bahkan kalau kamu ingin makan atau minum disarankan membawa dari kota. Ollon masih akan dikembangkan oleh pemerintah setempat mulai dari akses ke lokasi hingga fasilitas dasar seperti MCK yang wajib dimiliki oleh objek wisata.



Sebelum memutuskan untuk datang ke padang Telletubies yang sangat memukau ini, kamu harus menyiapkan mental. Mengapa demikian? Karena jalur sebelum sampai ke lokasi cukup berliku dan beberapa bagian jalan sangat berbahaya. Jalan belum dibangun dengan baik sehingga pemerintah setempat berniat mengatasinya. Selain medan berliku yang cukup menantang dan menguras adrenalin. Kiri dan kanan dari jalan adalah bukit terjal dan juga jurang yang curam. Motor biasa akan kesusahan untuk sampai ke sini sehingga disarankan menggunakan motor trail atau kendaraan lain yang hebat pada medan pegunungan.

Dengan jumlah kedatangan wisatawan yang cukup banyak, membuat pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tana Toraja relatif tinggi. Pada tahun 2013 lalu misalnya, PAD kabupaten ini mencapai Rp36 miliar, dengan kontribusi dari sektor pariwisata mencapai angka Rp250 juta.[1] Bahkan, pada tahun 2015, kontribusi sektor pariwisata meningkat menjadi Rp336 juta. Memang, Tana Toraja menawarkan banyak spot wisata yang oke untuk menarik kedatangan traveler. Untuk wisata alam misalnya, ada objek wisata buntu burake, gua alam sullukan, goa alam sa’pang bayo-bayo, air terjun sarambu, air terjun talando tallu, air terjun pakkara, kolam pemandian makula, kolam alam tilangnga, bukit sion, gunung kandora, tebing tinoring, plaza kolam makale, hingga danau tadah hujan assa’.[2] Itu belum termasuk wisata sejarah, wisata seni dan budaya, serta wisata agro. Nah, dari sekian wisata bertema alam yang ada di Tana Toraja, Anda tidak boleh melewatkan Lembah Ollon. Ini adalah salah satu spot liburan yang mulai hits di jejaring media sosial. Anda bisa menemukan kawasan tersebut di Lembang Bau, Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, berselang sekitar 40 km atau satu jam berkendara dari pusat Kota Makale, ibukota Tana Toraja. Awalnya, Bukit Ollon adalah sebuah lembah biasa, digunakan sebagai lokasi perkebunan dan peternakan warga sekitar yang jumlah hanya sekitar 30 kepala keluarga. Masyarakat setempat sering memanfaatkan kawasan ini untuk dijadikan lahan kebun serta menggunakan tanahnya yang lapang untuk ternak sapi dan kuda. Namun, setelah beberapa traveler mengunggah foto lembah ini ke media sosial, Bukit Ollon pun langsung viral.

Hamparan bukit hijau yang luas akan membuat pengunjung betah berlama-lama berlibur ke tempat ini. Selain itu, Anda pun dapat bermain di sungai yang mengalir di bawahnya atau mengunjungi peternakan kuda, bahkan mencoba menunggang kuda yang dimiliki penduduk lokal. Sementara, untuk mereka yang hobi fotografi, Lembah Ollon tentu menjadi lokasi yang oke untuk diabadikan dengan kamera. Alamatnya Kunjungi Disini.

Meski tergolong sebagai spot wisata yang relatif baru, Lembah Ollon dijamin tidak akan membuat Anda menyesal. Pasalnya, keindahan yang ditawarkan daerah ini memang bisa membuat Anda geleng-geleng kepala saking takjubnya. Hampir setiap angle perbukitan ini sangat fotogenik. Bahkan, jika Anda ingin berlama-lama di tempat tersebut, bisa juga mendirikan tenda di padang rumput yang luas untuk camping bersama kawan atau keluarga.[bt]

Author Image
AboutAmir Al Maruzy

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment